Minggu ke-5 perkuliahan manajemen pemasaran dengan
bapak amril muhammad. SE, MPd :
Pada tanggal 03-03-2015 hari selasa kami mempelajari konsep dasar jasa, dalam hal ini saya mencatat beberapa hal yang dijelaskan pak amril yaitu: Jasa adalah semua aktivitas ekonomi yang keluarannya tidak berbentuk product fisik, mendapat nilai tambah (seperti kenyamanan, terhibur)
Kotler berpendapat bahwa jasa adalah aktivitas atau menfaat yang disediakan salah satunya tdk berwujud dan tidak mengakibatkan pemilikan apapun, yang mungkin terkait dengan produk fisik (bahan elektronik atau teknologi)
Adrian Payne: jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.
Menurut saya sendiri sama halnya yang dijelaskan pak amril, jasa itu berbentuk suatu pelayanan bisa berupa kesehatan dll yang membuat pelanggan atau konsumen merasa terhibur, senang, merasa puas, dll
Karakterristik jasa ada 4 yaitu:
• Intangibility (tidak dapat dirasa, diraba, dicium, sebelum jasa itu dibeli (mengambarkan jasa itu sebuah kinerja)
• Inseparability ( tanpa wujud)
• Variability (bervariasi bentuk, kualitas, jenis)
• Perishability (komoditas jasa tak tahan lama, tidak dapat disimpan)
Kunci sukses jasa ada 5 yaitu :
• Renewing the service offfering : memperbaharui pelayanan
• Localizing the point of service system : menaruh lokasi pemasaran jasa ditempat yang tepat
• Leveraging the service contract : pengaruh perjanjian jasa
• Using information power strategically : menggunakan informasi strategis untuk mengambil keputusan
• Determining the strategically value of a service bussiness : menentukan nilai strategis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar