Minggu, 15 Maret 2015

JASA


Minggu ke-5 perkuliahan manajemen pemasaran dengan 

bapak amril muhammad. SE, MPd :

Pada tanggal 03-03-2015 hari selasa kami mempelajari konsep dasar jasa, dalam hal ini saya mencatat beberapa hal yang dijelaskan pak amril yaitu:

 Jasa adalah semua aktivitas ekonomi yang keluarannya tidak berbentuk product fisik, mendapat nilai tambah (seperti kenyamanan, terhibur)

 Kotler berpendapat bahwa jasa adalah aktivitas atau menfaat yang disediakan salah satunya tdk berwujud dan tidak mengakibatkan pemilikan apapun, yang mungkin terkait dengan produk fisik (bahan elektronik atau teknologi)

 Adrian Payne: jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.

 Menurut saya sendiri sama halnya yang dijelaskan pak amril, jasa itu berbentuk suatu pelayanan bisa berupa kesehatan dll yang membuat pelanggan atau konsumen merasa terhibur, senang, merasa puas, dll
 Karakterristik jasa ada 4 yaitu:
• Intangibility (tidak dapat dirasa, diraba, dicium, sebelum jasa itu dibeli (mengambarkan jasa itu sebuah kinerja)
• Inseparability ( tanpa wujud)
• Variability (bervariasi bentuk, kualitas, jenis)
• Perishability (komoditas jasa tak tahan lama, tidak dapat disimpan)

 Kunci sukses jasa ada 5 yaitu :
• Renewing the service offfering : memperbaharui pelayanan
• Localizing the point of service system : menaruh lokasi pemasaran jasa ditempat yang tepat
• Leveraging the service contract : pengaruh perjanjian jasa
• Using information power strategically : menggunakan informasi strategis untuk mengambil keputusan
• Determining the strategically value of a service bussiness : menentukan nilai strategis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar