Minggu, 15 Maret 2015

Key Concept 2 : Service Inseparability

Pengertian Service Inseparability


A.     Service inseparability

      Inseparability : pelayanan (jasa) yang dijual tidak terpisahkan dari orang yang memasarkan.Pelayanan (jasa) diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan. Service provider(penyedia jasa) dan customer (pelanggan) akan bertemu secara langsung maupun tidak langsung sehingga hal ini mempengaruhi kualitas pelayanan (jasa) dan karena itu pula tidak dapat distandarisasi

     Tidak terpisahkan (inseparability). Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, yaitu perusahaan jasa yang menghasilkannya. Jasa diproduksi dan dikonsumsi pada saat bersamaan. Jika konsumen membeli suatu jasa maka ia akan berhadapan langsung dengan sumber atau penyedia jasa tersebut, sehingga penjualan jasa lebih diutamakan untuk penjualan langsung dengan skala operasi terbatas. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan dapat menggunakan strategi-strategi, seperti bekerja dalam kelompok yang lebih besar, bekerja lebih cepat, serta melatih pemberi jasa supaya mereka mampu membina kepercayaan konsumen.
contohnya:

Sebuah tukang cukur adalah bagian dari layanan potongan rambut yang ia memberikan kepada pelanggannya. Potongan rambut yang dikirim ke dan dikonsumsi oleh pelanggan secara bersamaan. Sebaliknya, bahwa pelanggan yang sama dapat mengkonsumsi makanan cepat saji burger beberapa jam setelah pembelian

Sumber
http://dedylondong.blogspot.com/2011/11/kualitas-pelayanan.html 

Tanpa Batas. "Inseparability." Tanpa Batas Pemasaran. Tanpa Batas, 27 Juni 2014. Diakses 17 Maret 2015 dari https://www.boundless.com/marketing/textbooks/boundless-marketing-textbook/services-marketing-6/services-versus-products-49/inseparability-247-4630

https://ariedurian.wordpress.com/2011/10/14/pemasaran-jasa/  diambil pada tanggal 08 maret 2015 jam 22:49 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar