Minggu, 15 Maret 2015

MANAJEMEN PEMASARAN


Minggu ke-3 perkuliahan manajemen pemasaran dengan

bapak amril muhammad. SE, MPd


A. Manajemen pemasaran

Beberapa materi disampaikan oleh pak amril mengenai mengapa mempelajari pemasaran, namun sebelum mempelajari hal tersebut pak amril mengenalkan beberapa mahasiswa yang ia bimmbing dalam proses pengerjaan skripsinya, dari 2 orang mahasiswa tersebut saya mengambil kata kunci, bahwa:


1. Kuliah dengan pak amril wajib yang namanya sabar
2. Dalam tempat untuk magang harus mempunyai link agar mudah untuk melakukan yang namanya magang baik di lembaga pendidikan maupun tidak
3. Apabila kita bisa melewati kuliah-kuliah dengan pak amril maka dalam pengerjaan skripsi akan mudah

Saya merasa ke-3 hal tersebut benar, karena dari yang point pertama pengalaman saya ketika mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas pertama saya dengan pak amril memang membutuhkan anyak kesabaran, karena 2 kali saya mencoba mengumpulkan tugas, 2 kali pula saya ditolak, namun tugas ke-2 insyaalah saya tidak ingin salah lagi karena sudah tau point salahnya dimana.

Untuk point ke-2 dan ke-3 mungkin saya belum merasakan gimana susahnya mendapatkan tempat untuk magang bagaimana mengerjakan skripsi, namun pendapat kedua kakak senior saya yang sudah lulus 3,5 tahun itu menjadi motivasi untuk menyelesaikan kuliah dengan waktu 3,5 tahun dan mempunyai bekal ilmu yang banyak untuk bekerja dimanapun Allah menempatkannya nanti.

Mengenai kuliah minggu ke-3 kemaren pak amril memberikan materi mengenai kenapa mempelajari yang namanya marketting atau pemasaran, materi yang diberikan dan yang saya catat dan penting menurut saya yaitu:
 Banyak faktor untuk membuat bisnis yang berhasil : fokus terhadap pelanggan dan melakukan pemasaran yang baik.
 Manajemen pemasaran adalah proses sosial dan manajerial oleh individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan, menciptakan, dan menganti barang dan nilai dengan orang lain.

Dalam hal ini yang sudah sya sampaikan di blog diatas bahwa memang sebagai manajer di bidang pendidikan yang tugasnya yaitu akan merencanakan sesuatu hal di bidang pendidikan seperti membuat sekolah yang baik agar pelanggan (siswa) dapat puas dengan jasa yang kita berikan, jurusan manajemen pendidikan perlu mempelajari manajemen pemasaran jasa. yang salah satunya membahas mengenai kepuasan pelanggan.

Dengan kata-kata dari pak amril yaitu menjual diri, yang artinya bahwa kita harus mengupgrade skill yang kita punya agar orang lain dapat menggunakan kita dengan skill dan ilmu yang kita miliki sehingga uang pun akan mengikuti kita makanya kita harus mempelajari yang namanya manajemen pemasaran jasa yang diajarkan oleh pak amil SE, MPd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar