Minggu, 15 Februari 2015

MANAJEMEN PEMASARAN JASA- why marketting study?

"mengapa jurusan manajemen pendidikan belajar mengenai manajemen pemasaran???"

Pengertian mengenai manajemen pendidikan menurut para ahli :


Manajemen Pendidikan menurut Syarif (1976 :7) : 
     Segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber (personil maupun materiil) secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.
Manajemen Pendidikan menurut Sutisna (1979:2-3) : 
       Manajemen pendidikan adalah keseluruhan (proses) yang membuat sumber-sumber personil dan materiil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan fungsi-fungsinya dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang. Proses ini meliputi perencanaan, organisasi, koordinasi, pengawasan, penyelenggaraan dan pelayanan dari segala sessuatu mengenai urusan sekolah yang langsung berhubungan dengan pendidikan seklah seperti kurikulum, guru, murid, metode-metode, alat-alat pelajaran, dan bimbingan. Juga soal-soal tentang tanah dan bangunan sekolah, perlengkapan, pembekalan, dan pembiayaan yang diperlukan penyelenggaraan pendidikan termasuk didalamnya.
Manajemen Pendidikan menurut Djam’an Satori, (1980: 4). :
         Manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli :

    Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler dan Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran (2009:5) adalah:
     “Sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul"

       Sedangkan pengertian manajemen pemasaran yang dikemukakan oleh Swastha dan Irawan (2005:7)  sebagai berikut :
   ”Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukkan untuk mengandalkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi”. 

    Dari pengertian diatas dapat disimpulkan sebagai manajer di bidang pendidikan yang tugasnya yaitu akan merencanakan sesuatu hal di bidang pendidikan seperti membuat sekolah yang baik agar pelanggan (siswa) dapat puas dengan jasa yang kita berikan, jurusan manajemen pendidikan perlu mempelajari manajemen pemasaran jasa. yang salah satunya membahas mengenai kepuasan pelanggan.     Dalam kepuasan pelanggan sendiri seorang manager pendidikan akan mengetahui konsep dari kepuasan pelanggan dan bagaimana caranya mengukur kepuasan dari pelanggan, yang dalam hal ini pelanggan di bidang pendidikan adalah siswa. karena itu kita perlu mempelajari yang namanya manajemen pemasaran jasa.

Daftar pustaka:
http://blog.student.uny.ac.id/abeprasetya/2012/11/25/pengertian-manajemen-pendidikan-menurut-para-ahli/
http://digilib.unpas.ac.id/download.php?id=2046