Minggu, 26 April 2015

MANAJEMEN PEMASARAN- BRAND AND VALUE

Pada Hari selasa tanggal 21 April 2015, perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan di ruang 306. Pertemuan kali ini pa Amril tidak bisa hadir sehingga perkuliahan dilanjutkan dengan presentasi kelompok yang dijelaskan oleh ariq diaz dan Jujun Junaedi yang menjelaskan tentang Konsep Merk dagang dan Konsep Nilai dalam Pemasaran Jasa Pendidikan

Merek atau brand adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau bahkan kombinasi dari semuanya tadi, yang dimaksudkan untuk menyebutkan barang-barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual agar terbedakan dari para pesaingnya.
      Merek mempunyai manfaat bagi konsumen dan juga bagi penjual. Manfaat bagi konsumen adalah :

  1.            Mempermudah meneliti produk atau jasa
  2.        Membantu konsumen memperoleh kualitas yang sama jika mereka membeli ulang. 

      Manfaat merek bagi penjual adalah :

  1.        Nama merek mempermudah penjualan untuk mengolah pesanan-pesanan
  2.        Merek juga membantu penjual mengawasi pasar  merek

Selain memiliki manfaat merk juga memiliki beberapa fungsi diantaranya :Pertama, untuk  IDENTITAS, maksudnya dengan memberi merek maka kita akan mengetahui jenis barang yang dijual. Kedua , KUALITAS, maksudnya tidak dipungkiri banyak orang melihat kualitas suatu produk baik atau buruk melihat dari mereknya. Ketiga, LOYALITAS, maksudnya untuk membuat orang-orang setia pada produk yang kita buat maka harus membuat suatu merek yang menarik dan membuat orang loyal dengan produk kita. Keempat, CITRA/IMAGE maksudnya suatu merek dapat membuat kita terlihat atau terdengar bagus sehingga dapat menaikan citra produk kita.

  • Building Strong Brands (membangun merek yang kuat)
  • 1      Brand Positioning (penempatan merek)
  • 2    Brand Name Selection (seleksi nama merek)
  • 3       Brand sponsorship (sponsor merek)
  • 4      Brand Development (mengembangkan merek)
  • 5      Managing Brand

Nilai adalah perkiraan konsumen akan kapasitas keseluruhan produk untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam dunia pemasaran, nilai digunakan untuk membedakan dan memposisikan sebuah merk dagang. Nilai merupakan salah satu topik yang menarik dalam menjelaskan perilaku konsumen dan juga perilaku lingkungan yang ada saat ini. Cara menghantarkan nilai pelanggan yang tinggi meliputi semua pengalaman yang akan didapatkan pelanggan dalam proses memperoleh dan menggunakan penawaran. Terdapat beberapa langkah analisis nilai pelanggan. Pertama, mengidentifikasi atribut dan manfaat utama yang dinilai. Kedua, menilai arti penting kuantitatif dari atribut dan manfaat yang berbeda. Ketiga, dengan mengamati nilai pelanggan sepanjang waktu.