Senin, 20 April 2015

MANAJEMEN PEMASARAN- PENGEMBANGAN PRODUK

Pada pertemuan ke-9 Hari Selasa, 14 April 2015 . Dosen saya Bapak Amril Muhammad, S.E, M.Pd menyampaikan materi mengenai Pengembangan Produk. Berikut resume perkuliahannya:

A. Pengertian
-Pengembangan produk adalah serangkaian aktifitas yang dimulai dari analisis persepsi dari peluang pasar kemudian diakhiri dengan tahap produksi, penjualan dan pengiriman produk.
-Tujuan: menjelaskan suatu metode pengembangan produk yang jelas dan terperinci yang di dalam tahapannya melibatkan fungsi-fungsi pemasaran, perancangan dan manufaktur yang ada pada suatu perusahaan

B. Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle, Plc)

PLC merupakan konsep yang penting dalam pengembangan produk dan pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu poduk hasil pengembangan.
Alasan PLC:
-Produk memiliki umur yang terbatas
-Penjualan produk melalui berbagai tahap yang berbeda, masing-masing memberikan tantangan, peluang dan masalah yang berbeda bagi penjual
-Laba naik dan turun pada berbagai tahap siklus hidup produk

Siklus hidup produk terdiri dari 5 tahap, yaitu:
1)      Tahap penemuan dan pengembangan produksi (discovery and development)
2)      Tahap perkenalan (introduction)
3)      Tahap pertumbuhan (Growth)
4)      Tahap kedewasaan (maturity)
5)      Tahap penurunan (decline)

C. Enam Kategori Produk Baru:
1)      produk baru bagi dunia
2)      lini produk baru yaitu bagian-bagian dari produk
3)      tambahan pada lini produk yang telah ada
4)      perbaikan dan revisi produk yang telah ada
5)      repositioning/ penentuan kembali posisi
6)      pengurangan biaya

D. Mengorganisasikan Pengembangan Produk Baru
1)      Manajer produk
2)      Manajer produk baru
3)      Komite manajemen tingkat tinggi
4)      Departemen produk baru
5)      Kelompok kerja: suatu kelompok yang berasal dari berbagai departemen operasi dan ditugaskan untuk mengembangkan suatu produk atau bisnis tertentu
6)      System gerbang bertahap/ strage gate system:
*Para penjaga gerbang (gate keepers) membuat salah satu dari empat keputusan:
-Gol/ lanjutkan
-Kill/ hentikan
-Hold/ tahan

E. Mengelola proses pengembangan Gagasan
1)      Lahirnya gagasan
o   Berinteraksi dengan yang lain
-Wiraniaga
-Perantara
-Juara produk
2)      Penyaringan gagasan
-Manajer gagasan
-Komite gagasan
-Dua jenis kesalahan pada penyaringan gagasan
3)      Pengembangan Dan Pengujian Konsep
-Gagasan produk, adalah produk yang mungkin dapat ditawarkan oleh perusahaan ke pasar
-Konsep produk, versi terinci dan suatu gagasan yang dinyatakan dalam istilah-istilah berarti bagi konsumen
4)      Pengembangan konsep
-Konsep kategori, yang menentukan persaingan produk
-Peta positioning produk, yang menunjukkan posisi sekarang dan merek
  minuman sarapan instan yang sudah ada
-Konsep merk
-Percevied value/nilai yang diyakini
-Purchased intention/minat pembeli
-Sasaran pemakai, saat pembelian dan frekuensi pembelian

F. Mengelola proses pengembangan: dari konsep ke strategi
1)      Pengujian Konsep
o   Rapid prototyping/ Prototipe yang cepat
o   Virtual reality/ realitas semu
o   Customer-driven engineering/ rekayasa berdasarkan pelanggan
2)      Pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur dimensi produk
o   Communicability and believability kemampuan dikomuniaskan dan dipercaya
o   Need level/ level kebutuhan
o   Gap level kesenjangan
-Nilai kesenjangan-kebutuhan
o   Perceived value/ nilai yang diyakini
o   Purchase intention/ minat pembeli
o   Sasaran pemakai, saat pembelian, dan frekuensi pembelian.
3)      Analisis gabungan, yaitu metode untuk mendapatkan nilai utilitas yang diberikan konsumen ke berbagai level atribut produk
o   Contoh lima desain elemen:
-Tiga desain paket.
-Tiga nama merek
-Tiga harga
-Kemungkinan pemberian cap “perawatan rumah yang baik”
-Kemungkinan garansi pengembalian uang
o   Strategi Pemasaran
o   Analisis Bisnis
-Memperkirakan penjualan total
*Distribusi umur hidup
-Memperkirakan biaya dan laba.
*Analisis titik impas
*Analisis resiko

G. Mengelola Proses Pengembangan: Dari Pengembanga Komersialisasi
1)      Pengembangan Produk
o   Penyebaran fungsi mutu/ Quality Function Deployment (QFD)
o   Atribut pelanggan/ customer attributes (CAs)
o   Atribut rekayasa/ Engineering attributes (EAS)
2)      Pengujian Pasar
o   Pengujian pasar barang konsumen
-Mencari untuk memperkirakan empat variable:
Trial percobaan
First repeat/ pengulangan pertama
Adoption penerimaan
Purchase frequency/ frekuensi pembelian
-Sales wave research/ penelitian gelombang penjualan
-Simulated Test Marketing/ Pengujian Pasar Dengan Simulasi
-Controlled Test Marketing/ Uji Pemasaran Terkendali
-Uji Pasar
*Berapa banyak kota yang diuji?
*Kota yang mana?
*Lama pengujian?
*Informasi apa?
*Tindakan apa yang dilakukan?
3)      Pengujian Pasar Barang Bisnis
o   Komersialisasi
-Kapan (Penentuan Waktu)
1. First entry/ masuk pertama
2. Parallel entry/ masuk bersamaan
3. Late entry/ masuk terlambat
o   Dimana (Strategi Geografis)
o   Kepada Siapa (Strategi Pasar Sasaran)
o   Bagaimana (Strategi Perkenalan Pasar)
-Penjadwalan jalur kritis/ Crtical path scheduling (CPS)

H. Mengapa Produk Baru Gagal?
·         Eksekutif level tinggi mungkin memaksakan gagasan favorit walaupun hasil riset pasar negaif.
·         ide itu bagus, tapi perkiraan ukuran pasarnya terlalu berlebihan.
·         Produk tidak dirancang dengan baik
·         Produk diposisikan secara keliru di pasar tak diiklankan secara efektif, atau tertalu mahal.
·         Produk gagal untuk memperoleh cakupan distribusi dan dukungan yang cukup.
·         Biaya pengembangan lebh tinggi darpada yang diperkirakan
·         Pesaing membalas dengan lebih gencar darpada yang diperkirakan

I. Faktor-faktor yang cenderung menghambat pengembangan produk baru
·         Kekurangan gagasan mengenai produk baru yang penting di bidang tertentu
·         Pasar yang terbagi-bagi
·         Kendala sosial dan pemerintah
·         Mahalnya proses pengembangan produk baru
·         Kekurangan modal
·         Waktu pengembangan yang lebih singkat.
·         Siklus hidup produk yang lebh singkat