Senin, 30 Maret 2015

Positioning dan marketting mix

Pertemuan ke-6 Positioning dan Marketing Mix Part 1

Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Selasa, 24 Maret 2015

A.    Positioning (Penempatan)
Positioning adalah suatu proses membedakan produk jasa dibandingkan dengan pesaing, terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen.
Tiga langkah positioning:
1)     Mengenali keunggulan yang mungkin dapat ditampilkan
2)     Memilih keunggulan yang paling kuat
3)     Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar
Kesalahan positioning:
1)     Underpositioning : Konsumen tidak mengenal keunggulan produk
2)     Overpositioning : Konsumen punya gambaran minimal keunggulan produk
3)     Confused positioning : Konsumen tidak merasa pasti, banyak janji
4)     Doubtful positioning : Ada keraguan terhadap kualitas produk

B.    Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Marketing Mix is The tools avalaible to a business to gain the reaction it is seeking from is target market in relation to its marketing objectives. Artinya,
Bauran Pemasaran adalah Alat yang disediakan untuk bisnis, melihat hubungan target market terhadap konsumen
Ada 7 komponen dalam marketing mix (7 PS), yaitu:
1)    Product: Produk yang berkualitas relative harganya mahal
2)    Price: Harga murah, orang tidak percaya barangnya bagus
3)    Place: Tempat yang tepat dan mudah dijangkau
4)    Promotion: Bagaimana diinformasikan,diiklankan
5)    People: Orang yang menjual produk harus menarik, dilihat dari siapa yang melayani
6)    Process: Proses pembuatan diperlihatkan
7)    Physical Environment: Tempat, cuaca, lingkungan yang mempengaruhi untuk kebijakan

Traditional 4 ps extended to encompass growth of service industry (4 Komponen utama diperluas untuk mencakuppertumbuhan industri jasa)
1)    Product
Product is the actual item that a costumer purchases, including the packaging, image, guarantee, and after sales service. Artinya,
Produk adalah item yang akan konsumen beli, termasuk kemasan, gambar, garansi, dan setelah penjualan.
Product terdiri dari:
a)    Design : Desain seperti apa dalam produk tersebut
b)    Technology : Teknologi apa yang digunakan untuk membuat suatu produk
c)     Usefulness : Kebermanfaat suatu produk
d)    Convenience : Kenyaman yang didapat jika menggunakan produk tersebut
e)    Value : Nilai yang bertambah pada suatu produk
f)      Quality : Bagaimana kualitas suatu produk
g)    Packaging : Bagaimana kemasan suatu produk
h)    Branding : Merek suatu produk
i)      Accessories : Aksesoris yang terdapat pada suatu produk
j)      Warranties : Garansi/jaminan suatu produk
Metode yang digunakan untuk memperbaiki/membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan lebih efektif untuk memperoleh keunggulan kompetitif, antara lain sebagai berikut:
1)    Extension strategies : A business wishing to extend to life of a product which has reached maturity or is in decline can after one or more of the marketing mix by changing. Artinya, ( Bisnis yang ingin memperpanjang hidup suatu produk yang telah mencapai kematangan atau penurunan dapat setelah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah.)
a)     Product: Memperbaharui kemasan dan mengenalkan versi baru
b)     Price: Menurunkan harga untuk menarik konsumen
c)     Promotion: Memperluas cara promosi dengan iklan baru yang lebih menarik 
d)     Place: Merubah tempat dimana produk itu dapat dibeli ke tempat yang mudah dijangkau 
2)    Specialised Versions: Membuat versi baru yang berbeda dengan sebelumnya
3)    New editions: Edisi baru yang lebih menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen
4)    Improvements-real or otherwise: Memperbaiki untuk menyempurnakan produk atau meningkatkan kualitas produk yang sudah ada
5)    Changed Packaging: Merubah kemasan produk agar lebih menarik
6)    Technology: Menggunakan teknologi yang terbaik untuk menciptakan suatu produk

Branding
a)    A product with a personality (Sebuah produk dengan menggambarkan kepribadian)
b)    In stantly recognizable by logo, packaging, taste, advertising and other features (Memperkenalkan dengan logo, kemasan, rasa, iklan dan fitur-fitur yang lain)
c)     Believed to be a guarantee of quality (Percaya bahwa ada garansi dari kualitas)
d)    Some brands have “snob value” (Beberapa produk memiliki nilai kebanggaan)
e)    Usually cost more (Biasanya harganya lebih mahal)

Branding Loyality
Some costumers are loyal to a particular brand. They willy buy the brand again and again and also other associated products. Artinya, (Beberapa pelanggan setia kepada merek tertentu. Mereka akan membeli merek lagi dan lagi serta membeli juga produk-produk lain yang terkait)
a)    Fairy wishing-up liquid
b)    Fairy washing powder
c)     Fairy dishwasher powder                                   
The product is often sold in places that reinforce the brand image (Produk hanya dijual ditempat tertentu untuk membangun brand pada diri konsumen karena tidak dijual disembarang tempat)

2)    Price
Harga adalah jumlah tertentu yang harus disiapkan konsumen untuk membeli suatu produk.
a)    Price strategies (Strategi harga)
1.     Skimming : Harga yang tidak pasti atau dapat berubah sesuai keadaan, yang akanmembuat konsumen tertarik. Contoh: penawaran rumah/apartment jika membayar DP sebelum tanggal yang ditentukan akan mendapat diskon
2.     Penetration : Membuat harga yang lebih murah daripada harga pesaing
3.     Psychological : Perbedaaan harga anatara penjual satu dan yang lainnya akan mempengaruhi psikologi konsumen walaupun hanya beda 1 angka nominal didepan harga
4.     Cost-plus : Strategi memberi tambahan pada saat konsumen membeli produk. Misalnya beli 2 gratis 1
5.     Loss leader : Strategi menjual produk dengan harga murah mendapatkan untung sedikit tapi produk terjual banyak

Bagaimana harga yg bagus untuk sebuah produk? 
Menentukan harga yang tepat merupakan bagian yang sangat penting bagi marketing mix.
Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada:
a.     Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk
b.     Berapa banyak pesaing
c.     Meskipun anda sedang mencoba/menguji produk baru
d.     Image apa yang akan ditimbulkan/dibangun untuk produk anda.
Pengambilan keputusan 
a.     Apabila ingin menyerang pasar maka strateginya adalah harga yang murah. Tetapi dengan pertimbangan barang yang dikeluarkan harus banyak 
b.     Harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda 
c.     Harga tinggi bisa ditawarkan jika produk anda terlihat lebih baik dibanding pesaing anda.
Teknik pemberian harga
a.     Time based : Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksi 
b.     Cost plus: berapa laba yang diharapkan 
c.     Start up penetration pracing: Jika barang baru, bagaimana bisa melakukan penetrasi 
d.     Of the top or price skimming: barang yang asiknya cuma sementara, 2-3 hari. 
e.     Destroyer: membeli produk dengan harga yang sangat murah 
f.      Market-oriented: siapa yang menjadi sasaran pasar membeli produk dengan harga yang sama dengan kompetitor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar