Senin, 11 Mei 2015

MANAJEMEN PEMASARAN JASA - OUTING LASS DI AKK

Outing Class Ayam Kremes Kraton


 

Pada hari selasa, tanggal 5 Mei 2015 saya beserta teman-teman saya mahasiswa UNJ jurusan Manajemen Pendidikan angkatan 2013 kelas B melakukan kegiatan outing class di rumah makan Ayam Kremes Kraton cabang Rawamangun sekitar jam 1 siang di sekitar daerah rutan kayu untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa.   

Setelah kami makan sekitar jam setengah 2, manajer rumah makan AKK yang bernama ibu Rofi bercerita tentang AKK mulai dari siapa pendirinya, suka-dukanya sampai perkembangan AKK sejauh ini. AKK berdiri sudah 12 tahun dan didirikan oleh Ibu R.R. Welas Sriningsih yang berasal dari Solo yang kental dengan kraton, maka terciptalahlah nama Ayam Kremes Kraton. AKK ini sudah memiliki 7 outlet di Jakarta, yang lumayan besar tempat makannya ada di daerah tebet dan menteng dan ibu Rofi diberi kepercayaan untuk mengelola 5 outlet.

     Beliau adalah ibu Rofi selaku Manajer Ayam Kraton Kremes rawamangun


Awalnya AKK adalah rumah makan Solo dan karena survey membuktikan bahwa peminat ayam sangat banyak maka AKK pun berubah untuk menjual ayam kremes. AKK ini mengedepankan kepuasan pelayanan para pegawainya kepada para konsumennya. 
Suasananya pun cukup tradisional mulai dari lampu-lampu hiasan yang terbuat dari kayu ukiran, juga pegawai yang menggunakan seragam batik. Setiap outlet mereka mempunyai dekorasi yang sama agar mudah diingat oleh para konsumennya.   
Mereka mengandalkan kremes sehingga semua menu yang ada menggunakan kremes bahkan sampai menjual kremesnya saja yang dikemas didalam toples dan dibandrol harga 20 ribu rupiah. Saingan mereka dalam mengandalkan kremes adalah Ayam Suharti tetapi mereka tidak hawatir karna harga yang mereka bandrol jauh lebih murah.
AKK memiliki menu selain ayam, seperti ikan, tahu, tempe, kangkung dan sayur asam. 
Mereka juga mempunyai 4 aneka sambal untuk menjadi ciri khas dan membedakan dengan rumah makan lain.

AKK ini hanya bisa menyediakan minuman air mineral dengan label AKK ini dikarenakan pelayan yang kerepotan untuk membuat jenis minuman lainnya dan air mineral pun sangat simpel dan cepat saji cocok untuk para karyawan yang menggunakan waktu istirahat makan nya dengan baik.
AKK ini memiliki peternakan ayam sendiri, ayam yang dikirim ke setiap outlet adalah ayam yang sudah dibumbui jadi pegawai hanya tinggal menggoreng nya, begitu pun dengan kremesnya, jadi pegawai pun tidak tahu resep rahasianya. ibu Rofi ingin membuat AKK menjadi rumah makan ayam yang ternama nomor satu di Indonesia dan membuat warga Indonesia lebih menyukai ayam lokal dari pada ayam luar negeri lalu menjadi ayam KFCnya indonesia.

perkembangan dari AKK terakhir, AKK berhasil memenangkan tender RS. Gatot Subroto, bersama Ayam Bakar Mas Mono dan Mcd AKK akan melayani pesanan bulan Ramadhan sekitar 10.000 bungkus.
 
dengan Manager seperti ibu rofi menurut saya restorannya akan menjadi lebih baik, karena hampir setiap kali ia ingin ebuat suatu ide, ia pasti akan pergi ke tempat restoran yang lainnya, dan mencompare dengan restorannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar